Gentra.id– PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali memperoleh pengakuan internasional. BRI meraih penghargaan Best API Initiative dalam ajang Global Retail Banking Innovation Awards 2024. The Digital Banker menyelenggarakan acara di Singapura pada 24 Oktober 2024.
BRI berhasil meraih penghargaan atas pengembangan BRIAPI. Merupakan layanan open banking API yang untuk mempercepat digitalisasi ekosistem perbankan di Indonesia. Prestasi ini menjadi bukti komitmen BRI untuk terus menghadirkan solusi perbankan digital yang inovatif, aman, dan inklusif bagi masyarakat luas. Serta memperkuat komitmen dalam transformasi digital perbankan.
Dikembangkan sejak tahun 2018, BRIAPI adalah solusi open banking. Hal ini memungkinkan ribuan mitra pihak ketiga untuk mengintegrasikan berbagai produk dan layanan BRI ke dalam platform mereka. Dengan ratusan produk API, BRIAPI menyediakan fitur perbankan informasional. Seperti informasi mutasi dan rekening, hingga layanan transaksional seperti transfer, BRIVA, Co-branding Credit Card, Tarik Tunai Tanpa Kartu, dan QRIS. Kehadiran BRIAPI mempermudah pemilik platform digital untuk menyediakan layanan pembayaran dan informasi dari BRI.
Penghargaan ini mengangkat kontribusi BRIAPI dalam pemberdayaan dan digitalisasi ekosistem, khususnya ekosistem pendidikan melalui program Gerakan 1000 Sekolah. Melalui inisiatif ini, BRIAPI mendorong adopsi layanan perbankan digital di ribuan institusi pendidikan di seluruh Indonesia. Melalui institusi pendidikan dan startup edtech kini mencakup hampir 17% dari basis mitra BRIAPI.
Inovasi BRIAPI: Kemudahan Integrasi dan Dukungan Teknologi Canggih
Penghargaan ini juga menjadi bentuk apresiasi atas kemampuan BRIAPI dalam mempermudah integrasi bagi mitra. Berbagai fitur seperti BRIAPI Developers Studio sandbox environment yang memudahkan proses pengembangan juga mendukung hal ini. BRIAPI SPOT untuk pemantauan aplikasi, dan chatbot AI BRI, Sabrina, yang meningkatkan responsivitas operasional.
Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M. Nugraha. Menegaskan bahwa penghargaan ini mencerminkan komitmen BRI dalam mengembangkan teknologi yang inklusif. Memudahkan akses layanan perbankan dan mendorong inklusi finansial bagi seluruh lapisan masyarakat.
“Penghargaan ini merupakan pengakuan atas komitmen BRI terhadap inovasi dan inisiatif untuk meningkatkan aksesibilitas layanan perbankan bagi semua. BRI mengembangkan BRIAPI dengan prinsip teknologi yang humanis. BRI menyelaraskan inovasi dan transformasi digital dengan perluasan akses dan inklusivitas bagi seluruh pengguna,” ujarnya.
Lebih lanjut, Arga menambahkan bahwa penghargaan ini tidak hanya menjadi pengakuan bagi BRI. Tetapi juga menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan menjawab kebutuhan digitalisasi. Serta memperkuat peran BRI dalam ekosistem keuangan digital di Indonesia.
“BRI berkomitmen untuk memberikan kontribusi nyata dalam memperluas akses perbankan. Dengan memastikan seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan manfaat dari layanan keuangan digital yang aman dan andal,” pungkasnya.
Melalui pengembangan BRIAPI dan berbagai inisiatif digital lainnya. BRI berkomitmen mempercepat digitalisasi layanan perbankan demi memudahkan akses keuangan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Dengan inovasi digital yang berkelanjutan, BRI optimis dapat menciptakan ekosistem perbankan yang lebih inklusif. Memberdayakan komunitas, dan mendorong transformasi ekonomi digital secara menyeluruh. Langkah ini sejalan dengan visi BRI. Yakni The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia and Champion of Financial Inclusion pada tahun 2025.