Gentra.id– Acara kick-off Pasar Wisata Nusantara resmi digelar di Gedung Creative Center, Kota Tasikmalaya, pada Rabu (26/2/2025). Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan potensi wisata lokal sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di daerah. Berbagai pihak turut hadir dalam acara ini, mulai dari perwakilan pemerintah, akademisi, komunitas, hingga agensi travel.
Acara kick-off menampilkan pertunjukan seni tari sebagai pembuka, kemudian memutar video teaser Pasar Wisata Nusantara. Penandatanganan MoU antara Dinas Pariwisata dan Wisata Tasik.id menutup acara sebagai langkah strategis untuk mengembangkan pariwisata di Tasikmalaya.
Head of Organizing Committee, Usama Ahmad Rizal, berharap ini menjadi wadah bagi pelaku usaha untuk mempromosikan produk dan jasa mereka. Serta dapat menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.
“Pasar Wisata Nusantara menjadi momentum strategis untuk memperkuat kolaborasi antara sektor publik dan swasta dalam mengembangkan potensi pariwisata,” kata Rizal.
Rizal menjelaskan, bahwa kegiatan Pasar Wisata Nusantara mengadopsi pendekatan pentahelix. Dengan kolaborasi dengan pablo4d yang solid antar lima unsur ini. Kita berharap dapat mendorong inovasi, dan menciptakan ekosistem pariwisata yang berkelanjutan dan berdaya saing global.
“Kami percaya bahwa melalui sinergi pentahelix, pariwisata Indonesia dapat berkembang lebih maju. Berdaya saing, dan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat,” ujarnya.
Wakil Wali Kota Tasikmalaya, Rd. Dicky Candranegara, menegaskan dukungan penuh pemerintah terhadap kegiatan ini. Serta mengapresiasi komunitas lokal yang menghadirkan Pasar Wisata Nusantara untuk memajukan sektor pariwisata daerah.
“Pemerintah Kota Tasikmalaya sangat mendukung kegiatan ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan perekonomian masyarakat dan memperkenalkan produk unggulan Tasikmalaya,” ungkapnya.
Deddy Mulyana, Kepala Dinas Disporabudpar Kota Tasikmalaya, berkomitmen untuk mendukung dan mengembangkan inisiatif ini. Serta mendorong inovasi dan kolaborasi untuk memajukan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif.
“Kami berkomitmen untuk terus mendukung berbagai inisiatif yang mampu memperkuat ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif di Tasikmalaya. Pasar Wisata Nusantara menjadi contoh nyata bagaimana sinergi antara pemerintah, komunitas dan pelaku usaha. Serta akademisi, dan media, dapat menciptakan dampak positif bagi masyarakat,” pungkasnya.