Gentra.id– PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, atau BRI, terus mendorong UMKM Indonesia ke kancah internasional melalui BRI UMKM Expo(RT) 2025. Acara ini memasuki tahun keenam sejak dilaksanakan pada 2019 yang sebelumnya dikenal sebagai UMKM Expo(RT) Brilianpreneur.
Mengusung tema “Broadening MSME’s Global Outreach,” BRI UMKM Expo(RT) 2025 bertujuan memperkuat keterlibatan UMKM Indonesia di pasar internasional. Meningkatkan daya saing, dan membuka peluang bisnis baru di seluruh dunia. BRI juga akan menyelenggarakan BRI Microfinance Outlook secara bersamaan dengan event BRI UMKM Expo(RT) 2025 . Ini merupakan langkah konkret BRI sebagai lembaga keuangan yang bertanggung jawab dalam memajukan UMKM Indonesia. BRI berharap pelaku usaha semakin fokus dan termotivasi untuk memperluas jaringan ke rantai pasok global.
Menurut Amam Sukriyanto, Direktur Commercial, Small, and Medium Business BRI, BRI UMKM EXPO(RT) menjadi momentum penting bagi UMKM untuk memperluas jangkauan pasar global.
“BRI UMKM EXPO(RT) menjadi momentum strategis bagi UMKM baik yang sekarang sudah maupun belum dengan BRI untuk bergabung memperluas jangkauan pasar mereka dan mempertemukan mereka dengan potential buyer internasional. BRI terus berkomitmen untuk terus memajukan UMKM, baik dari sisi pemberian pembiayaan, pendampingan bisnis, program pemberdayaan hingga bagaimana mengakses pasar yang lebih luas,” ujar Amam.
Pada BRI UMKM Expo(RT) 2025, mengundang Home Decor & Craft, Food & Beverage, Accessories & Beauty, Fashion & Wastra, dan Healthcare/Wellness. Untuk memberikan pengalaman menarik bagi para UMKM dan pengunjung, panitia menghadirkan berbagai program dalam acara ini. Seperti Expo & Showcase UMKM terkurasi, Business Matching, UMKM Award, Entertainment & Art Installation, serta beragam program lainnya.
Pada tahun 2023, BRI sukses menyelenggarakan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR dengan menghadirkan 700 UMKM. Jumlah tersebut terkurasi dari total 3.132 pendaftar di seluruh Indonesia. Tahun ini, pendaftaran dibuka sejak 20 September hingga 30 Oktober 2024, yang dapat diakses melalui situs resmi https://brilianpreneur.com/.
UMKM harus memenuhi kriteria pendaftaran. Yaitu usaha yang telah berjalan minimal dua tahun, merupakan produsen bukan reseller, memiliki nilai lokal dan menggunakan material lokal, memenuhi unsur ESG (Environment, Social, Governance), serta menerapkan gerakan go green dan berorientasi ekspor.
BRI memberikan kesempatan bagi UMKM untuk go global dengan membuka akses pasar internasional. Serta mempertemukan mereka dengan calon pembeli potensial dari luar negeri melalui program business matching. Sebelum itu, tim melakukan kurasi produk UMKM sebagai bagian dari quality control. Hal ini untuk memastikan daya saing dan kelayakan di pasar global.