Gentra.id– Menjelang Pemilihan Wali Kota Tasikmalaya yang dijadwalkan berlangsung bulan November mendatang, persaingan di arena politik ini semakin menarik dan sangat disayangkan untuk dilewatkan begitu saja. Di tengah era digital yang serba cepat ini, kehadiran media sosial menjadi salah satu faktor kunci yang tak bisa diabaikan oleh para calon pemimpin.
Lima calon wali kota tasikmalaya dalam kontestasi politik kali ini telah mengambil langkah strategis dengan memanfaatkan Instagram sebagai media utama untuk meraih dukungan publik, mendekatkan diri lewat konten yang otentik, menggerakan kaum milenial dan Gen Z, memperkuat citra mereka melalui stetika visual, memggunakan data untuk strategi konten, membangun kedekatan dengan masyarakat untuk meraih perhatian publik
Instagram, sebagai platform visual yang populer, memberikan ruang bagi para calon untuk menyampaikan pesan secara langsung, personal, dan interaktif. Melalui fitur unggulan seperti Stories, Reels, dan Live, para calon ini mampu mengemas visi dan misi mereka dalam format yang lebih segar, atraktif, serta mudah diakses oleh masyarakat lintas generasi.
Dalam konteks pemilu masa kini, media sosial menjadi hal yang tak lagi diremehkan pengaruhnya dalam membentuk persepsi, bahkan dapat menentukan pilihan politik. Media sosial menjadi sasaran paling empuk untuk dimanfaatkan karena masyarakat sekarang cenderung melihat dan mendapatkan informasi apapun melalaui media sosial, hal ini tentu tidak mustahil jika seseorang memilih pemimpin hanya berdasarakan koten yang sering diunggah di media sosialnya.
Dalam era digital ini, strategi kampanye tak lagi hanya mengandalkan rapat umum dan baliho di pinggir jalan. Namun sudah lebih di upgrade dengan menggunakan platform media sosial, khususnya Instagram untuk menjadi strategi kampanye. Dalam laporan ini, kita akan melihat lebih dekat bagaimana kelima calon wali kota menggunakan platform ini, mulai dari strategi konten hingga kinerja mereka dalam hal jumlah follower, postingan paling populer, dan penggunaan tagar (hashtag) yang mendongkrak keterlibatan.
Nurhayati Effendi
Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Nurhayati Effendi, dengan nomor urut 1 merupakan salah satu calon yang memiliki pengikut terbanyak di Instagram dengan 68.756 follower. Ia dikenal dengan pendekatan komunikatif yang langsung kepada masyarakat. Dalam unggahan rutin, Nurhayati mengajak warga terutama perempuan untuk terlibat dalam diskusi tentang isu-isu yang dihadapi Tasikmalaya.
Melalui kampanye bertema “Tasik Beres”, Nurhayati telah mengambil langkah proaktif memanfaatkan media sosial sebagai salah satu platform utama untuk menyebarkan visi dan misinya. Dengan fokus pada perbaikan tata kelola kota, program kerja yang jelas, dan solusi konkret, ia secara konsisten membagikan video pendek dan poster kampanye di berbagai kanal, terutama Instagram.
Salah satu postingan yang paling banyak disukai adalah video berdurasi satu menit lima puluh empat detik yang menunjukkan dirinya bersama mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum di Mobil Kijang lama (Kijang Buaya) yang mendapatkan lebih dari 858 likes serta 26 komentar.
Tagar Terbaik yang sering digunakannya adalah #NurhatatiUntukKotaTasik #NurhayatiWaliKotaTasik
Viman Alfarizi Ramadhan
Selanjutnya, Viman Alfarizi Ramadhan dengan akun Instagram @viman.alfarizi yang memiliki 6.154 pengikut, Viman Alfarizi Ramadhan mengambil pendekatan yang kekinian dan relevan dengan gaya hidup sehat melalui kampanye bertajuk “Biasain Pagi”. Dalam video-video pendek yang ia bagikan, Viman sering terlihat sedang jogging di pagi hari, sambil menyapa masyarakat dengan semangat yang menginspirasi.
Tagline “Biasain Pagi” yang ia gunakan menjadi simbol kampanye yang mencerminkan gaya hidup aktif dan teratur, sekaligus metafora untuk kebangkitan kota Tasikmalaya menuju perubahan yang lebih baik.
Dalam setiap unggahan, Viman mengedepankan humanisme kepada warga yang berinteraksi dengannya. Berbicara terkait postingan yang paling banyak disukai, Viman mendapatkan 802 likes dan 17 komentar saat dirinya mendaftarkan diri sebagai calon Wali kota Tasikmalaya ke KPUD . Tagar Terbaik yang digunakannya adalah #Vimankeun #HarapanBaruTasikMaju
Yanto Aprianto
Yanto Aprianto Ocea tau yang akrab dipanggil Kang Yanto Oce, salah satu calon Wali Kota Tasikmalaya juga tak kalah memanfaatkan media sosial untuk mendekatkan diri dengan konstiten. Dengan akun Instagram @kangyantooceyang memiliki 3.311 pengikut, ia secara konsisten membagikan visi, misi, serta nilai-nilai yang diusungnya dalam kontestasi politik. Tidak hanya menyampaikan janji-janji politik, Kang Yanto juga menggunakan platform tersebut untuk membuat berbagai video pendek yang penuh kehangatan, menyapa dan mengajak masyarakat untuk aktif terlibat dalam pembangunan Tasikmalaya.
Yanto juga tak kalah dengan dua kandidat sebelumnya, yanto juga mempunyai postingan yang paling banyak disukai. Postingannya yaitu saat dirinya mengikuti Aksi Bela Palestina di Jakarta dengan mendapatkan like sebanyak 92, dan terdapat 4 komentar. Tagar terbaik yang digunakannya adalah #KYOWellkeun #TasikEmas
Muhammad Yusuf
Mantan Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf, dengan akun Instagramnya @kang.yusuf56 dengan 2.917 pengikut, terus aktif berkomunikasi dengan masyarakat meskipun masa jabatannya telah berakhir. Melalui platform tersebut, ia secara konsisten mengunggah konten yang menampilkan saat dirinya menyapa warga dengan ramah. Tidak hanya itu, Muhammad Yusuf juga memanfaatkan media sosialnya sebagai wadah untuk menyampaikan gagasan mengenai masa depan Tasikmalaya.
Salah satu postingan yang paling banyak disukai yaitu saat dirinya menyampaikan gagasannya dihadapan para milenial dengan meraih 78 likes, dan 3 komentar. Selain itu, tagar terbaik yang digunakannya yaitu #Yusuf #Pilkada2024
Ivan Dicksan Hasanudin
Mantan Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan melalui akun instagramnya @ivandicksan memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk menunjukkan kedekatannya dengan masyarakat. Saat ini, akun tersebut memiliki jumlah follower sebanyak 2.023, ia tak jarang menyampaikan kata-kata hari ini yang menjadi ciri khas nya dan mendapat banyak perhatian masyrakat. Postingan palig banyak disukai yaitu unggahan Video saat dirinya dihari terakhir sebagai Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya dengan mendapatkan jumlah 398 likes dan 36 komentar. Tagar terbaik yang digunakannya yaitu #Jadikeun #IvanDicksan