UMKM Keripik Ubi Jalar Rasakan Dampak Positif Pendampingan BRI dan Program Desa BRILiaN

Kamis, 24 Oktober 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ilustrasi Agen BRILink (foto : istimewa)

i

Ilustrasi Agen BRILink (foto : istimewa)

Gentra.id-PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memperkuat komitmennya mendukung pemberdayaan UMKM melalui berbagai inisiatif strategis.

BRI mewujudkan komitmennya dengan menyelenggarakan Bazaar UMKM BRILiaN di Area Taman BRI, Jakarta, pada Jumat, (18/10/2024). Berbagai UMKM binaan BRI, termasuk “Sayat” dari Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, berpartisipasi dalam acara ini dengan produk unggulannya, yakni Keripik Ubi Jalar.

Keripik Ubi Jalar ini merupakan bagian dari Program Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), yang lahir dari inovasi lokal dalam memanfaatkan sumber daya alam melimpah di Kubu Raya. Pengembangan produk ini muncul sebagai respons terhadap harga ubi jalar yang terus menurun. Pelaku UMKM setempat melihat potensi untuk menambah nilai dari produk mentah dengan mengolahnya menjadi camilan bernilai jual tinggi.

Dengan pendampingan dan pembiayaan dari BRI, usaha ini berhasil meningkatkan kualitas produk, memperluas pasar, serta memberdayakan masyarakat lokal, khususnya ibu rumah tangga yang terlibat dalam proses produksi. UMKM Kubu Raya ini menjual Keripik Ubi Jalar seharga Rp10.000 per kemasan.

Tak hanya terlibat dalam bazaar, UMKM Keripik Ubi Jalar ini juga mendapatkan manfaat besar dari program Desa BRILiaN.  Dalam hal ini BRILiaN membantu memperluas akses pasar melalui platform digital serta dukungan pemasaran dari BRI.

“Dukungan BRI tidak hanya berupa pembiayaan, tetapi juga mempermudah transaksi melalui aplikasi BRImo dan sistem pembayaran digital berbasis QRIS, yang sangat membantu operasional bisnis kami,” ungkap Sayat, pemilik usaha.

Sayat juga bersyukur atas pendampingan dari BRI, terutama peran mantri yang terus memberikan edukasi tentang kemudahan transaksi digital.

“Alhamdulillah sampai saat ini kami didampingi oleh BRI, khususnya mantri untuk bisa mendapatkan link promosi dan penjualan produk kami”, ujar Sayat.

Sayat berharap BRI dapat terus menjadi mitra UMKM Indonesia.

“Harapannya BRI dapat terus menjalin sinergi dengan kami pelaku usaha di desa”, jelasnya.

Bazaar UMKM BRILiaN memperkenalkan produk unggulan dari berbagai klaster UMKM. Hal ini membuktikan komitmen BRI dalam memberikan pendampingan komprehensif kepada pelaku usaha. BRI menginisiasi berbagai kegiatan edukasi untuk mendorong UMKM memanfaatkan teknologi dan inovasi guna meningkatkan daya saing produk lokal.

Senior Executive Vice President (SEVP) Ultra Mikro BRI, Muhammad Candra Utama, mengapresiasi pencapaian Klaster UMKM Keripik Ubi Jalar tersebut.

“UMKM Keripik Ubi Jalar ini adalah contoh nyata bagaimana potensi lokal dapat dikembangkan menjadi produk berdaya saing tinggi. Dengan pendampingan intensif dari BRI, usaha ini mampu tumbuh dan merambah pasar yang lebih luas. Kami yakin dengan inovasi berkelanjutan serta perluasan akses pasar, usaha ini akan menjadi motor penggerak ekonomi lokal yang signifikan,” pungkasnya.

Melalui program pendampingan berkelanjutan, BRI berharap UMKM terus berkembang dan memberikan kontribusi nyata bagi pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional.

BRI berkomitmen mendukung UMKM di seluruh Indonesia dengan pembiayaan, pendampingan, dan pelatihan dengan berkontribusi lebih besar pada perekonomian nasional.

Follow WhatsApp Channel gentra.id untuk update berita terbaru setiap hari Follow

Berita Terkait

Koperasi Bersama Lancar Barokah Lakukan Digitalisasi Tata Kelola dan Pemasaran
China dan Beberapa Negara Balas Kebijakan Tarif Impor AS
Dampak Tarif Impor 32 Persen AS bagi Indonesia
Sempat Naik Saat Munggahan, Harga Pangan di Cikurubuk Kini kembali Stabil
Pasar Wisata Nusantara Resmi Dibuka, Dorong Pariwisata dan Ekonomi Tasikmalaya
Ransomware Serang Situs BRI Hoaks, Ini Fakta Ulasan Pengamat
Kenaikan PPN 12% Sentuh Favorit Gen Z, dari Spotify hingga Netflix
Kesejahteraan Masyarakat melalui Konsep Pariwisata

Berita Terkait

Kamis, 18 September 2025 - 19:48 WIB

Koperasi Bersama Lancar Barokah Lakukan Digitalisasi Tata Kelola dan Pemasaran

Minggu, 6 April 2025 - 22:59 WIB

China dan Beberapa Negara Balas Kebijakan Tarif Impor AS

Jumat, 4 April 2025 - 21:57 WIB

Dampak Tarif Impor 32 Persen AS bagi Indonesia

Sabtu, 1 Maret 2025 - 19:08 WIB

Sempat Naik Saat Munggahan, Harga Pangan di Cikurubuk Kini kembali Stabil

Rabu, 26 Februari 2025 - 21:27 WIB

Pasar Wisata Nusantara Resmi Dibuka, Dorong Pariwisata dan Ekonomi Tasikmalaya

Berita Terbaru

Aksi Forum santri Tasikmalaya kecam Tayangan stasiun televisi Trans7 (foto: Ali)

Berita

Kecaman Santri Kepada Trans7 Mengalir Hingga Tasikmalaya

Kamis, 16 Okt 2025 - 11:59 WIB

Monitoring dan evaluasi Program Pesantren Ramah Anak (PRA) (Foto: gentra.id)

Berita

KPAD Dorong Pesantren Ramah Anak di Bungursari

Rabu, 15 Okt 2025 - 22:11 WIB

(foto: ilustrasi)

Artikel

Gap Year Bukan Tentang Berhenti, Tapi Tentang Bertumbuh

Senin, 13 Okt 2025 - 23:59 WIB